BI Balikpapan Himbau BPD dan BRI Bantu Petani Bawang Dapatkan Modal

by

BALIKPAPAN – BPD Kaltimtara dan BRI diajak Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Balikpapan supaya ikut mendukung sektor pertanian. BI membantu memfasilitasi para petani bawang merah untuk mendapatkan akses permodalan dari bank.

Menurut Kepala Perwakilan BI Balikpapan Bimo Epyanto di Balikpapan, Kamis (4/4/2019), BPD dan BI dapat memberikan kredit pembiayaan lunak sehingga petani dapat lebih kuat dalam berproduksi.

“Bawang merah menjadi komoditi pangan yang diperhatikan Bank Indonesia sebab kemampuannya untuk membuat angka inflasi jadi tinggi, seperti juga cabai,” kata Bimo.

Menurut Bimo, pinjaman dari bank bisa digunakan petani untuk memperluas lahan dan mengintensifkan pertanian yang dijalankannya. Untuk itu BI Kantor Perwakilan Balikpapan yang membawahi Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Paser, memiliki sejumlah petani binaaan di Teritip, Balikpapan, dan di Desa Rintik, Penajam Paser Utara.

“Kami sudah bina sejak 2017. Mulai dari pelatihan budi daya, pemberian bantuan bibit, serta bantuan gudang pengeringan dan penangkaran benih bawang merah,” ujar Bimo, seperti dilansir dari Antara.

Untuk meningkatkan akses pasar itu, misalnya, BI mengenalkan petani, khususnya mereka yang tergabung dalam kelompok tani dengan pedagang besar bawang. Dengan langsung mengenal para pedagang besar, diharapkan juga rantai distribusi dari petani ke konsumen semakin pendek.

“Rantai distribusi yang lebih pendek akan berdampak terhadap harga yang lebih murah bagi konsumen sementara petani mendapatkan keuntungan yang lebih baik,” ujar Bimo.***

Leave a Reply